Warisan Budaya

Indonesia merupakan Negara yang mempunyai banyak warisan budaya yang dimaksud dengan warisan budaya yaitu Warisan budaya (cultural heritage) Menurut Davidson ( 1991:2) lihat karmadi (2007:1) diartikan sebagai “produk atau hasil budaya fisik dari tradisi-tradisi yang berbeda dengan prestasi-prestasi spiritual dalam bentuk nilai dari masa lalu yang menjadi elemen pokok dalam jati diri suatu kelompok bangsa”. Jadi warisan budaya merupakan hasil budaya fisik (tangible) dan nilai budaya (intangible) dari masa lalu.

Salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia yaitu Candi Brobudur yang terletak di Magelang Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan salah satu tempat tujuan wisata, letaknya agak jauh dari Jogyakarta jarak yang ditempuh berkisar 1,5 Jam dari Jogyakarta. Tapi banyak yang mengira lokasinya terletak di Jogyakarta.

img_9726
Photo Koleksi Pribadi

 

Borobudur merupakan peninggalan dari masa dinasti syailendra (760 – 830 M). Diperkirakan dibangun sekitar tahun 800 masehi pada masa puncak kejayaan Syailendra. Karena diperkirakan pembangunan candi tersebut berlangsung hampir 100 tahun lamanya, maka pembangunan candi itu bukan hanya terjadi pada masa kekuasaan Syailendra saja. (https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/12/19/10-hal-yang-harus-kamu-ketahui-tentang-candi-borobudur).

Melestarikan Budaya sangat tidaklah mudah, Menurut Karmadi (2007:3) Melestarikan tidak berarti membuat sesuatu menjadi awet dan tidak mungkin punah. Melestarikan berarti memelihara untuk waktu yang sangat lama. Jadi upaya pelestarian warisan budaya lokal berarti upaya memelihara warisan budaya untuk waktu yang sangat lama. Memelihara tidaklah mudah diperlukan berkelanjutan (sustainable), pemeliharaan menurut Horner dkk (1997:274-276)  terdiri dari Corrective maintenance , Preventive maitenance , Mondernisation and improvement .

Melestarikan budaya bukan saja tugas pemerintah, akantetapi tugas kita semua. Marilah kita pelihara berkelanjutan demi Indonesia dan anak cucu kita.

 

 

 

%d bloggers like this: